2nd Science Camp FOSCA :DD (part 1)

halo epribadehhh :))
setelah beratus-ratus taun rasanya nggak ngurusin blog yang semakin ngedrop trafficnya ini, akhirnya di pagi yang cukup cerah ini gue menyempatkan diri untuk melanjutkan, i mean memberikan posting baru mengenai kejadian saya sehari-hari. dan kali ini ceritanya tentang acara yang baru aja diadakan tanggal 1-4 Juli kemaren. its about: 2nd Science Camp FOSCA 2010, at PPKA – Bedogol, Lido, Sukabumi.

well, to continue, pertama-tama gue akan menceritakan cerita miris yang mengiringi perjalanan kali ini. ini bermula ketika hampir satu bulan sebelum acara kita belum siap apa-apa. tapi, dengan segala daya kita berusaha mengkontak orang-orang yang bisa membantu kelancaran acara ini. daaan, kami un menemukan kebuntuan. memang terdapat dua panitia di acara ini, LOC (Line Organization Committee) dan SOC (Science Organization Committee), dan gue yang kebagian jadi SOC emang kebagian jalan pertama untuk ngurusin masalah sainsnya. tapi, kita juga mesti minta ijin ama LOC kaan, terutama sie acara nya. ternyata LOC belum bikin susunan panitia, dan terjadi miskomunikasi parah antara ketua LOC, ketua FOSCA, dan pembina FOSCA. sampe akhirnya kita memutuskan untuk survey duluan supaya ngerti jalan dan medan di sana. unfortunately, pas survey gue gga bisa berangkat karena ngurusin pagelaran kelas (dan gue adalah KP pagelaran itu. dem) pas mereka kesana, karena kita gak tahu prosedurnya seperti apa, kita dapet harga yang cukup tinggi, hampir 350an total. dari situ kita dimarahin ama sang pembina, karena kedatangan kita tercium departemen kehutanan yang langsung mengontak pembina kita untuk konfirmasi lebih lanjut. dari situ kita yang jengah dimarahin “berontak”, dan menghubungi semua dedengkot alumni FOSCA untuk minta bantuan menjelaskan semuanya. dan ternyata kesabaran kita, dan turunnya sang ketua dari hibernasinya yang cukup panjang mengantarkan kita ke sebuah kesepakatan untuk, ditengah badai dan aral yang melintang serta mepetnya waktu dengan hari H, tetap menjalankan Science Camp di PPKAB tanggal 1 hingga 4 Juli dengan rincian dana yang menurut kita dapat dicapai dengan kriterita yang mencukupi.

lanjuuuuuuuuuut, setiap panitia mendapat kuota 2 orang peserta, dimana kita sendiri diluar peserta. dan, ketika gue promosi acara ini ke temen-temen seangkatan gue, tahu reaksi mereka apa? >> -___________________________- DATAR ABIS!! sumpah bikin sakit hati. gue promosi ke anak kelas satu juga sama aja -____________________________- yasudah gue berangkat sendiri😡 tapii, yang lucunya H-1 malah gue gga niat abis gitu mau berangkat, packing aja ogah-ogahan malemnya, ampe berantem ama nyokap gue. dianggapnya gue gga preparen, gga ada komunikasi ama orang tua, dan bla bla bla pokoknya bikin sebel. yah, akhirnya ue pun menutup H-1 dan membuka rencana gimana caranya gue bisa ke planetarium tempat ngumpul science camp sementara bokap gue masih kurang sehat untuk berangkat jauh. namun finally, gue dianter juga dan gak telat sampe sana nya.

dari planetarium, setelah gue menerror beberapa panitia yang lain yang dateng telat, gue pun menuju stasiun cikini untuk naik kereta ke bogor, naik krl ekonomi ac gitu laah. gak berapa lama akhirnya seluruh peserta dan panitia ketemu di stasiun cikini dan naik kereta bersama. waktu itu keretanya sepi jadi enak naiknya. akhirnya kita nyampe di stasiun bogor dan nyarter angkot untuk ke daerah lido. dari situ kita jalan kaki menuju PPKAB hampir 3 km lebih, dan surprise nyaaaaaaa, sampe depan pintu Taman Nasional Gunung Gede Pangrango kita disambut hujan yang dereeeeeeeeeeessss dan membasahkan kita selama 1.5 km masuk hutan dengan tanaj berlumpur dan berkali-kali nyaris kepeleset sementara samping kita JURANG. dem.

akhirnyuaaaaaaaa, kita nyampe di gerbang PPKA dan berteduh di saung bawah mereka, dimana kita semua udah kayakn jemuran basah kuyup dan menggigil atu-atu. kita langsung naik ke wisma kita nginep tiga malem dan naro baju. karena kamar amndi terbatas, akhirnya kita gantian mandi nya. sementara itu, gue dan kawan-kawan yang belum kebagian mandi ngobrol-ngobrol di depan wisma sambil ngeliat pemandangan hutan di depan wisma persis. sorenya, setelah kita makan dan mandi, acara pembukaan pun dimulai. kita memperkenalkan diri di depan interpreter Taman Nasional, pembimbing kita selama di hutan, dan tentu saja di depan alumni fosca lainnya. kelomok gue ada guardian dari sman 5 bekasi, hana dan devi dari sman 61 jakarta, dan khoi dari sman 14 bekasi. pembimbingnya dari TN kak fatimah, dari fosca pak widya, kak yuda dan kak lita. dan, penelitian kita adalah penelitian air.

(maaf, sepertinya ceritanya sampe sini dul, karena hari ini mau reunion sama nak2 sc. i will be continue after the reunion, okeeh? keep my promise dear)

7 thoughts on “2nd Science Camp FOSCA :DD (part 1)

1. good2, ada nama aqnya……..semangat ya perairan plus kelompok lainnya….
    @helmi: gak ada persiapan dadakan….jadi salah

2. good2, ada nama aqnya……..semangat ya perairan plus kelompok lainnya….
    @helmi: gak ada persiapan dadakan….jadi sala