frequently asked questions about asrama

HAH?! ASRAMA?!

iyap. mungkin belom banyak readers gue yang tahu kalo selama bulan juli sampe setaun ke depan gue akan tinggal di asrama. lebih tepatnya asrama TPB IPB nun jauh di bogor sana. gue udah kuliah, dan sekarang melanjutkan pendidikan di IPB jurusan teknik mesin dan biosistem. dan karena masuk ipb itulah, makanya gue diwajibkan untuk masuk asrama setaun penuh. dan akhirnya, dari tanggal 27 Juni kemaren gue udah check in di kamar 116 gedung asrama A1.

waw, keren banget. terus gimana di asrama? bukannya serem yaa?

nah! inlah yang mau gue luruskan, sekaligus menjadi tema utama post kali ini. gue mau cerita pengalaman gue satu bulan lebih tinggal di asrama. tapi gue nggak akan bercerita seperti biasa, karena gue akan bercerita via jawaban jawaban yang muncul ketika gue pertama kali bercerita pada orang-orang kalo gue mau ngasrama. penasaran?! mari kita ceritaaaaaaaaa…

-apa enaknya sih tinggal di asrama?

enaknya? hemm… relatif sih. buat gue yang dari lahir gak punya sodara ini tinggal di asrama itu cukup mengesankan. pertama, bangun pagi langsung ketemu orang. mau mandi, ketemu orang. mau makan, ngantri sama orang. pokoknya semuanyaaaaaaa ada orang nya. biasanya di rumah kalo gak ketemu emak, ya ketemu bapak. tapi sekarang, ketemu temen satu kamar, temen satu lorong, temen satu fakultas, temen satu jurusan, bahakn temen baru kenal aja bisa ketemu setiap saat. kalo ketemu temen yang hobinya ngelawak, ya ketawa guling-guling, padahal itu mungkin baru jam 5 pagi. di asrama kita gak kenal individualisme, semuanyaaa harus rame-rame. tempat tidur aja barengan, kamar mandi harus gantian, kalo mau berisik harus inget punya temen di kamar lain yang bisa aja kalo berisik malah gak bisa tidur. yang jelas kalo di asrama semuanya akan terlihat manusiawi. bahkan orang yang keliatannya cantik aja bisa aja tidurnya ngorok. atau temen yang keliatannya baik baik aja ternyata hobinya tidur dengan sebelah kaki ngangkat ke atas.

terus kalo mau ke kamar mandi gimana? kamar mandi nya banyak gak?

khusus di asrama tpb ipb, setiap persimpangan jalan ada 6 bilik, 3 kamar mandi dan 3 wc. di setiap sudut gedung ada kayak tempat wudhu yang lumayan gede buat nyuci baju, nyuci piring, atau mungkin nyiram temen yang lagi ulang tahun. air di asrama lumayan kenceng, walaupun dalam tempo yang tidak terduga juga suka mati sih.

hah? airnya mati? terus gimana?

ngungsi! hahaha. bisa ngungsi ke kamar mandi lorong lain, atau mungkin ke lantai bawah/atasnya, atau mungkin sekalian ngungsi ke kamar mandi gedung lain. tapi tenang aja, kaan ngungsinya rame-rame, jadi gak usah malu takut atau bimbang dengan ritual ini. lama-lama juga akan terbiasa dengan seruan: “wooooy, air matiiii. ngungsiiiiii ke bawaaaaaah.” dan dengan begitu kita akan tergugah untuk buru-buru dan segera mencari kesempatan di kamar mandi lain.

-kalo listrik mati pernah ga?

alhamdulillah, gedung A1 belum pernah mati listrik. tapi, beberapa asrama putra pernah ngalamin, dan itu malem-malem pula. kebayang betapa ngeri dan seremnya. tapi dari informasi temen di asrama putra, woles-woles aja tuh mereka. padahal asrama putra letaknya lebih terpencil dari asrama putri. dan cerita horror yang berkembang di sana juga (sepertinya) lebih mengerikan daripada yang di asrama putri.

gue mau asrama nih. kira-kira yang perlu dibawa apa aja yaa?

yang pertama yang perlu dibawa adalah diri lo sendiri. apakah lo bisa membawa diri untuk setiap saat ketemu orang baru yang satu umur dengan lo dan dengan berbagai macam karakter? apakah lo siap semuanya dilakukan sendiri? apakah lo bisa mengatur jadwal pribadi dan jadwal kuliah tanpa mengganggu jadwal orang lain? kalo lo bisa maka lo udah cukup siap untuk masuk asrama. yang kedua, yang pasti pakaian yang pantas dan gak keliatan buruk banget di mata orang. ini bukan perihal gengsi-gengsian atau apa, ini cuman etika kesopanan aja. apa lo gak malu diliat orang pake baju yang lehernya udah sobek dan celana boxer belel yang melorot kemana-mana gitu? yang ketiga, peralatan mandi dan mencuci, baik itu mencuci pakaian, mencuci piring, mencuci tangan, ember, papan gilas untuk baju, dan lain lain yang menunjang lo untuk melakukan riutal mencuci itu. yang keempat, kalo lo asrama untuk sekolah, jangan lupa bawa peralatan sekolah yang lengkap dan diperlukan. bila diperlukan, bawa juga sarana penghibur kayak laptop, walkman, dan lain-lain yang diperbolehkan untuk dibawa sama badan pengelola asrama lo. tapi jangan lupa konsekuensinya, misalnya bawa stop kontak lebih atau terminal biar bisa dipakai rame-rame. yang kelima, dan yang cukup penting, bawa MAKANAN. fungsi makanan selain buat cemilan pengantar belajar, pengganjal perut pas di kamar, juga sebagai penarik massa untuk ke kamar biar lo ga sepi sendirian. banyak bukti kalo makanan bisa merekatkan mereka yang terpisah bilik-bilik kamar jadi ketemu dan ngobrol bareng. seru kaan kalo dapet banyak temen dengan modal (hanya) satu bungkus kripik maicih gede?

-waw, banyak dong yang mesti gue bawa?

enggak sih, kalo lo lebih suka beli di sekitar asrama bisa aja. tapi untuk gue yang lebih suka bawa semua-muanya dari rumah, ya bawaan gue udah kayak pindah rumah aja ahahaha.

terus pas malem pertama lo di asrama rasanya gimana?

deg-degan. sempet gak bisa tidur sampe jam 12an. oiya, buat yang susah tidur kayak gue bawa bantal atau guling yang nyaman yang membantu lo tidur. atau mungkin bawa boneka yang udah biasa menemani lo tidur selama ini, biar lo nyaman di sana. gue sarankan juga bawa selimut, sprei dan peralatan tidur lain yang lo perluin karena lebih banyak asrama yang gak menyediakan hal itu.

-dari asrama nyari makan jauh ga?

kalo asrama gue ada kantin yang lumayan deket dari gedung. banyak dan cukup variatif makanannya. cuman bagi yang demen makan di luar, silahkan cari sendiri. intinya sih setiap cari makan kita mesti usaha dulu, karena gak ada yang lewat di depan gedung kayak di rumah gitu. masuk asrama aja susah, harus nunjukkin kartu identitas gitu.

serius? trus kalo mau jenguk temen di asrama susah ga?

hahaha. enggak kok, gak begitu susah. tunjukkin kartu identitas di gerbang depan, trus tinggal ketemu temen di lobby gedung. cuman ada jamnya, dan dilarang juga membawa tamu ke dalam kamar (kecuali orang tua sendiri). kalo di asrama TPB IPB jam kunjung dari jam 8 pagi sampe jam 8 malem. dan untuk penghuni asrama dilarang keluar lingkungan asrama di atas jam 9 malem. pulang ke asrama pun gak boleh diatas jam 9 malem. intinya, di asrama ada jam malem yaitu jam 9 malem.

trus kalo kena jam malam gimana?

kena hukuman pastinya. hukuman diberikan sama senior resident (SR) masing masing gedung.

hah? SR? apaan tuh?

bedanya asrama TPB IPB adalah ada kakak kelas yang akan jadi kakak kita selama setahun di asrama, namanya SR atau senior resident. setiap ada masalah, kekurangan atau apapun kita bisa lapor SR, dan nanti dibantu sama kakak ini. SR ini dipilih sama rektorat IPB, dengan berbagai macam pertimbangan dan segala macem tes yang lumayan. intinya, yang jadi SR pasti orang-orang yang kompeten di bidang mengawal dan menjadi senior kita-kita yang baru masuk asrama ini.

waw, keren ya yang jadi SR. eh, di asrama ada tv gak?

ada kok, masing masing satu di ruang bersama. tentunya harus rame-rama nontonnya dan harus memperhatikan kepentingan penghuni asrama lain juga yaa.

kalo musholla atau mesjid gitu ada gak?

ada kok, kalo di A1 ada di lantai 2. untuk bulan puasa ini kita taraweh di mushola itu kok.

terakhir, asrama boleh pulang gak sih?

BOLEH BANGET. tapi tentunya dengan catatan gak nabrak jadwal kegiatan asrama, jadwal kuliah, dan jadwal-jadwal lain yang hukumnya wajib untuk diikuti. buktinya pas gue bikin post ini gue ada di rumah kok :p

———————-

well guys, itulah post singkat mengenai asrama kali ini. jadi gimana, masih takut tinggal di asrama?

One thought on “frequently asked questions about asrama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s