delapan belas oktober, delapan belas tahun lalu…

17 Oktober 2011. 11:02 PM

gak kerasa, bahkan hampir sama sekali gak terbayang kalo gue akan menatap hari ini, dimana ulang tahun gue tinggal sehari lagi. ketika sebelumnnya gue menikmati hari ulang tahun temen-temen gue yang sama di bulan Oktober, akhirnya giliran gue kena juga. perayaan setahun sekali ini akhirnya gue rasain juga. ada banyak perasaan yang muncul hari ini. dari mulai perasaan paling bahagia yang gue rasain sampe perasaan paling acakadul yang pernah gue rasain. ini ulang tahun gue ke delapan belas, tepat tanggal delapan belas Oktober, dan untuk lebih tepatnya pukul delapan belas pas, alias pukul enam sore, itulah tepatnya gue menatap dunia ini.

kalo lagi ulang tahun biasanya pikiran yang muncul pertama kali adalah, dulu waktu gue lahir gimana yaa? apa gue nangisnya keras? apa gue susah dulu lahirnya? apa gue bikin repot emak gue yang meluangkan semua tenaganya untuk melahirkan gue? kalo gak salah, pertanyaan konyol itu muncul waktu gue udah SD, kira-kira kelas 4, dimana pelajaran biologi waktu itu masih disebut pelajaran IPA.

bu, waktu ocha lahir ocha gimana?

semenjak saat itu gue paling suka kalo diceritain tentang masa kecil gue. entah itu cuman cerita betapa susahnya ibu gue pergi ke kantor karena gue selalu nangis kalo ditinggal, sampe kelakuan gue waktu kecil yang gak pernah bisa diem kalo di pasar. nanyaaaaaa mulu. terbukti sih, sampe sekarang juga kalo ada apa-apa bawaannya pingin nanya mulu. hehehehe.

menurut info yang gue dapet dari emak gue, dulu waktu gue lahir sempet gak nangis beberapa detik. gue nangis setelah dokter kandungan emak gue membalik badan gue dan menepuk (maaf) pantat gue sampe akhirnya tangisan pertama gue membuncah keluar. saat itu, ibu cuman bisa denger sepintas dan langsung gak sadar karena capeknya luar biasa. bayangin aja, ibu gue mulai kontraksi dari pukul empat sore dan gue baru keluar jam enam sore. betapa lelahnya perjuangan ibu gue yang sampe sekarang membuat gue selalu berdamai dengan ibu kalo lagi berantem. tanpa perjuangannya menjaga gue yang menanti saatnya dilahirkan, mungkin gue gak pernah muncul seperti gue yang sekarang.

yak, gue kangen emak gue deh.

tahun ini gue ulang tahun gak di rumah. gue sedang meniti masa depan gue yang baru aja gue buat di awal kuliah ini, di kota Bogor yang mulai dingin ini. tadinya gue sempet khawatir kalo ulang tahun ini bakal jadi ulang tahun yang gak berkesan tanpa kehadiran orang yang paling gue sayang di dunia, tapi setelah gue pikir-pikir, harusnya ini justru ulang tahun gue yang paling dahsyat karena… gue tidak terlindung dari godaan iseng temen-temen gua! dan disini, gue super-duper all out, alias gak sama sekali jaga perilaku. gue menjadi diri gue apa adanya: yang suka becanda, yang kadang-kadang iseng, pokoknya berasa di rumah ajalah. Dan kali ini gue super-duper-triple yakin kalo gue bakal kena dikerjain. oleh temen-temen kamar gue, oleh temen-temen satu lorong asrama, bahkan oleh temen-temen satu kelas gue (dan kelas gue adalah kelas paling bontot dengan nomor Q-delapan belas). lebih parahnya temen gue secara sadar banget ngajak gue jalan besok, dengan alibi mau refreshing sebelum UTS. by the way everyone, UTS gue dilaksanakan tanggal 19 Oktober, persis setelah ulang tahun gue.

kesannya agak gimana gitu yah…

11:21 PM

gue baru melirik jam setelah mata gue mulai agak sepet-sepet gimanaaa gitu. and now, its getting closer. oke, gak usah lebay, mari kita kembali ke topik posting kali ini.

pernah gak kalian terpikir, ketika ulang tahun khususnya, bahwa ulang tahun kalian sebenernya adalah sebuah pertanda? bahwa umur kalian bertambah, itu pasti. bahwa kalian tidak punya banyak waktu lagi, kecuali kalian masih diijinkan oleh Yang Maha Kuasa, itu gak bisa disangkal lagi. tapi pernahkah kalian merasa bahwa ulang tahun justru merupakan sebuah pertanyaan: apa yang telah kalian lakukan selama tujuh belas tahun belakangan ini?

sore tadi gue merasa pertanyaan itu muncul di kepala gue.

sore tadi juga gue memutuskan untuk menjawab pertanyaan itu di sini.

tujuh belas tahun itu gak sebentar. apalagi tujuh belas tahun itulah yang membentuk gue seperti ini. gue yang apa adanya, gue yang berusaha memegang prinsip, gue yang selalu menilai sesuatu dari pandangan paling umum dan paling positif yang gue bisa, gue yang selalu berusaha gak banyak mengeluh, dan gue yang sekarang ini membuat tulisan yang bisa dibaca banyak orang melalui dunia maya. tujuh belas tahun yang menciptakan gue dari semua apa yang terjadi pada gue. gue yang terbentuk dari didikan keluarga gue yang beragam. dan gue yang sekarang sedang menunggu detik-detik paling monumental yang bisa gue rasakan. gue yang seperti ini.

tujuh belas tahun gak gampang juga buat dijalanin. dimana tangisan gue gak pernah berhenti, dan juga canda gue yang gak pernah habis untuk lingkungan gue. gue yang belajar dari seorang yang ceria, tiba-tiba menjadi egosentris, dan kembali sosial seperti sekarang ini. gue yang pernah melakukan hal buruk, gue yang pernah jatuh cinta, gue yang pernah ngerasain sakitnya cinta, gue yang pernah disepelekan, gue yang pernah dipimpin dan memimpin, dan gue yang sekarang sedang mendapat hadiah dari Yang Maha Esa yaitu umur ke delapan belas gue yang baru aja dimulai.

tanpa semua itu gue gak bakal seperti ini. tanpa semua yang mendukung gue dari orang tua, keluarga, sahabat, teman, bahkan orang yang paling gue benci seumur hidup pun  menciptakan semua ini. menciptakan gue yang sekarang ini.

sepintas barusan gue inget, gue pernah jadi orang yang egosentris. dimana semua pusat semesta mungkin hanya berputar diisi kepala gue. dimana gue cuman tahu dunia disekitar gue, dan gue berusaha mencari dan menemukan jawaban itu dikepala gue. hari-hari gue lakukan cuman berpikir, mencari jawaban atas semua pertanyaan konyol yang sering hadir muncul di kepala gue. dari situ, gue tahu ternyata gue punya bakat menulis, karena selain berpikir, gue juga mulai menuliskan apa yang ada di pikiran gue, dan lama-lama itu keterusan menjadi cerpen, bahkan puisi paling romantis pun gue pernah bikin. jadilah gue yang sekarang, yang suka puitis dan melankolis. itu karena gue pernah merasakan jadi pusat semesta, dan menulis adalah jalan keluar untuk menghilangkan penat di pusat otak gue ini.

itu semua karena tujuh belas tahun lalu gue pernah menjadi egosentris.

11.47 PM

semakin lama, gue mulai menikmati perasaan deg-degan dan menikmati menunggu waktu sampe gak kerasa, its getting much closer.

akhirnya gue tahu.

gue tahu satu hal, jawaban dari pertanyaan yang muncul tadi sore barusan muncul di pikiran gue.

ada banyak kejadian selama tujuh belas tahun yang lalu ternyata membentuk gue yang sekarang.

dan itulah kuncinya.

itulah apa yang gue lakukan selama tujuh belas tahun belakangan ini. membentuk karakter gue yang sekarang.

jadi, kalo gue ditanya: apa yang telah lo lakukan selama tujuh belas tahun ini,

gue akan jawab:

gue sudah menciptakan diri gue yang sekarang ini. diri gue yang paling nyaman yang pernah gue rasakan…

18 Oktober 2011. 12:00 AM

dan, gue udah melewati itu.

sekarang gue udah delapan belas tahun. hape gue mulai ada getar-getar cinta yang membuat gue senyum-senyum sendiri. dan inilah ulang tahun gue. ulang tahun di kamar sepi, ditemani lagu mendayu dari kumpulan lagu lama bokap gue. sayang korek temen gue tiba-tiba gak bisa nyala, jadi gak bisa tiup lilin deh.

Image100ini tampang gue yang baru saja melewati momen ke-delapan-belas-tahun-an gue. masih ababil, betul sekali. itulah bentuk kamar asrama gue, lucu kan?

finally, it comes to an end.

perjalanan gue belum selesai. gue masih harus banyak mengalami hal untuk membentuk gue lagi. agar gue lebih nyaman, dan merasakan kehidupan seperti apa yang harusnya gue rasakan.

life is never flat, huh?

Leave a Reply

